Selasa, 24 Maret 2020

Resensi Buku Beautiful Luar


Resensi Buku Beautiful Liar
Peresensi: Lulu Lutfianingrum



Judul               : Beautiful Liar
Pengarang       : Dyah Rinni
Penerbit           : GagasMedia
Kota terbit       : Jakarta Selatan
Tahun terbit    : 2014
ISBN               : 978-780-739-9
                                                                                                   
Buku ini menceritakan seorang anak perempuan bernama Lunetta. Lunetta biasa tinggal bersama papanya yang bekerja sebagai seorang pembohong, tidak bisa dibilang bekerja sebagai pembohong, sih, tapi dari sanalah ia dan papanya mendapatkan uang untuk bisa hidup. Sifat papanya yang cerdik dan jago berbohong membuat Lunetta memiliki kepribadian yang cerdik pula. Sekarang ia tinggal bersama mamanya dan suami mamanya yang baru. Namun Lunetta tidak suka tinggal bersama mamanya, karna mama Lunetta selalu melarang dan tidak membebaskan Lunetta seperti papanya. Di sekolah baru Lunetta banyak membuat masalah dengan harapan mamanya mengembalikan Luneta ke papanya. Tapi hasilnya nihil, beberapa rencananya gagal karna gurunya yang bernama Mis Nadine selalu tahu apa yang Lunetta rencanakan. Ternyata Mis Nadine dulunya adalah seorang penipu yang berhasil menipu banyak orang dan mengambil harta mereka. Namun malangnya ia ketahuan dan dipenjara sampai akhirnya ia memutuskan untuk menjadi guru. Miss Nadine selalu menasehati Lunetta bahwa apa yang mereka lakukan adalah salah. Lunetta harus kembali menjadi manusia yang baik sebelum terlambat.

Buku mengangkat masalah “berbohong” menjadi sifat yang melekat pada tokoh utama, masalah ini cukup berat tapi dapat dibawakan dengan ringan oleh penulis karna kebanyakan masalahnya biasa terjadi di sekeliling kita. Tidak seperti novel remaja lain yang mengedepankan cinta atau unsur romantis, novel ini mengedepankan perilaku sosial dan balasan dari apa yang kita lakukan. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari novel ini diantaranya jika ada yang percaya padamu jangan kecewakan dia, jika ingin mendapatkan sesuatu raihlah dengan cara yang baik, dan masih banyak lagi. Kekurangan buku ini terletak di permasalahan dan sifat tokoh utama yang cenderung buruk. Hal itu menyebabkan buku ini tidak cocok dibaca oleh anak-anak

Setelah saya membaca buku Beautifull Liar, saya teringat satu pribahasa yaitu apa yang kau tanam, itu yang akan kau tuai dan jangan sekalipun kalian mengecewakan kepercayaan yang telah diberikan oleh orang lain padamu. Menurut saya itu pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca. Meskipun buku ini banyak mengangandung sifat-sifat buruk sang tokoh, kita bisa mengambil kesimpulan yang baik dari kejadian dan sifat buruk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar