Selasa, 03 Maret 2020

Review Film Aku Tahu Kapan Kamu Mati

[Review Film] Aku Tahu Kapan Kamu Mati



Identitas film
Judul fim               : Aku Tahu Kapan Kamu Mati
Sutradara               : Hadrah Daeng Ratu
diproduksi film         : Unlimited Production
Genre                        : Horror


Sinopsis
Setelah mati suri, SIENA (Natasha Wilona) bisa melihat pertanda orang akan mati. SIENA ketakutan dan ingin keluar dari situasi yang mengerikan ini. FLO (Ria Ricis), NENI (Fitria Rasyidi) dan VINA (Ryma Gembala) sahabat SIENA tidak percaya dengan kemampuan yang tiba tiba di miliki oleh SIENA. Tapi SIENA terus meyakinkan dengan penglihatannya. Apalagi satu persatu orang di sekitarnya mati setelah SIENA melihat pertanda dengan munculnya arwah yang menjemput orang tersebut. Hingga akhirnya pertanda tersebut muncul di dekat BRAMA (AL Ghazali), kakak kelas yang di cintainya. SIENA berusaha menggagalkan kematian BRAMA yang akan menjemputnya. Ternyata bukan hanya BRAMA. SIENA juga melihat pertanda orang orang terdekatnya akan mati. SIENA berusaha menggagalkan kematian kematian itu. Hingga pertanda kematian itu sendiri datang mengancam dirinya.
Film Aku Tau Kapan Kamu Mati (ATKKM) tayang pada 5 Maret 2020. Film yang diangkat dari novel populer di wattpad karya  Arumi E Novel ini akan mengisahkan tentang ketakutan yang meneror sebuah sekolah lantaran salah seorang siswanya mengaku bahwa ia tahu kapan orang-orang di sekitarnya mati.
Plot cerita dalam film Aku Tau Kapan Kamu Mati berfokus kepada karakter utama bernama Siena (Natasha Wilona) yang terjebak dengan kemampuannya sendiri melihat hal gaib di luar kendalinya. Siena ketakutan dan ingin keluar dari situasi yang mengerikan ini dan mencurahkan kesulitannya tersebut kepada Flo (Ria Ricis), Neni (Fitria Rasyidi), dan Vina (Ryma Gembala), yang merupakan teman-teman dekatnya. Namun, mereka justru tidak percaya pada kemampuan yang dimiliki temannya itu secara tiba-tiba.
Siena terus meyakinkan dirinya sendiri dengan kemampuan penglihatannya. Terlebih lagi, satu demi satu orang di sekitarnya mati setelah ia melihat tanda kemunculan roh yang menjemput orang tersebut.
Puncak cerita bergulir sewaktu Siena melihat tanda kematian muncul di sekitar Brama (AL Ghazali), seorang kakak kelas yang telah lama ia sukai.Siena pun mencoba menghentikan kematian yang akan menghampiri Brama. Selain itu, ia juga melihat tanda-tanda bahwa orang-orang terdekatnya akan mati.Saat tengah terus mencoba menghentikan kematian yang menghampiri teman-temannya termasuk Brama, Siena justru terkejut lantaran melihat ada tanda kematian yang justru mendekatinya.
Dalam video trailer resmi film Aku Tau Kapan Kamu Mati yang dirilis sejak 10 Oktober 2019 lalu, terlihat plot cerita kebanyakan berlangsung di lingkungan sebuah sekolah menengah atas (SMA). Video berdurasi 59 detik itu dibuka dengan narasi dan adegan pembicaraan antara seorang guru dengan murid perempuannya. "Katanya banyak murid ketakutan di sekolah ini. Gara-gara kamu ngaku tahu kapan orang akan mati," kata Guru itu.
Cuplikan video kemudian berganti memperlihatkan adegan jatuhnya seorang murid perempuan saat siswa-siwa SMA tersebut tengah menggelar upacara bendera. Murid tersebut tewas dan kawan-kawan mereka terlihat mulai berkerumun ke arah jenazah, termasuk Siena. "Gue pengen bisa kaya dulu lagi. Gue enggak mau bisa ngeliat makhluk gaib," kata narasi dalam video trailer tersebut.



Tanggapan
Film ini diangkat dari novel populer di wattpad karya Arumi E Novel yang sempat menjadi no.1 Horror Wattpad. Film ini bergenre horror, namun sutradara banyak mencampurkan adegan adegan komedi di dalamnya. Apalagi dengan memasukkan Ria Ricis, Opie KumisAsri Welas, Daus Separo pada film ini membuat Aku Thu Kapan Kamu Mati menjadi film horror komedi yang seimbang. Walau di beberapa bagian masih ada kesan memaksa dalam editan dan efeknya, tapi saya sendiri masih sangat menikmati film ini. 

Tanggapan yang saya tulis berdasarkan perasaan pribadi saat saya menonton film tersebut



Sumber:

#CatatSingaperbangsa #KyboardSingaperbangsa

2 komentar: